Advertise 728x90

Mengobati Asma dan Sakit Pinggang Dengan Tanaman Kecubung

Advertise 728x90
Mengobati Asma dan Sakit Pinggang Dengan Tanaman Kecubung

Kecubung atau nama latinnya (Datura metel L) merupakan salah satu tanaman yang anggota sukunya Solanaceae. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara dan Benua Amerika.

Dalam bahasa Minangkabau kecubung ini disebut kacubueng, dalam bahasa Madura disebut kacobhung, dalam bahasa Manado disebut kucubu, dalam bahasa Makassar disebut kacubong, dalam bahasa Melayu kecubung juga disebut sebagai kecubung dan dalam bahasa Bali disebut sebagai kecubung cenik.

Kecubung ini dapat tumbuh dengan baik didaerah yang beriklim panas dan tanaman ini sudah dibudidayakan diseluruh belahan dunia karena khasiat yang dikandunganya dan juga untuk tanaman hias.

Ciri-ciri yang terdapat dalam kecubung ini antara lain memiliki daun (Angel's Trumpet) yang berwarna hijau, berbentuk seperti bulat telur, bagian tepinya berlekuk-lekuk, letaknya berhadapan, batang kayunya yang tebal dan cabangnya mengembang kesisi kanan dan kiri, bunganya menyerupai terompet dan berwarna putih atau ungu, buah kecubung berbentuk bulat, berwarna hijau, ujung tangkainya pendek dan melekat kuat dengan berukuran diameter 4-5 cm.

Manfaat kecubung untuk kesehatan antara lain adalah dapat mengobati asma, mengatasi sakit pinggang, mengobati rematik, mengobati penyakit eksim, mengobati bisul, mengatasi sesak nafas, mengobati kolera, mengatasi masalah batuk, mengobati luka memar, serta dapat dijadikan sebagai obat cacingan.

Daun kecubung ini juga dapat menghilangkan ketombe dikulit kepala anda. Caranya cuci daun kecubung terlebih dahulu hingga bersih, lalu tumbuk daun kecubung hingga menjadi halus, kemudian gosokkan daun kecubung yang sudah dihaluskan tersebut pada kulit kepala anda, diamkan lebih kurang selama setengah jam, setelah itu keramas dengan menggunakan air bersih.

Perlu anda ketahui, anda harus hati-hati dengan kecubung yang berbunga putih. Sebab kecubung putih itulah yang dianggap paling beracun diantara jenis-jenis kecubung yang lainnya. Oleh karena itu, penggunaan hanya boleh terbatas sebagai obat luar saja.

Itulah pengertian dari kecubung serta ada juga ciri-cirinya dan manfaatnya. Ada juga cara mnghilangkan ketombe dengan menggunakan daun kecubung. Selamat membaca dan semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih.

Advertisement
Advertise Responsive

Tulis Komentar
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!