Advertise 728x90

Khasiat Tanaman Lenglengan Untuk Mengatasi Masalah Cacingan

Advertise 728x90
Khasiat Tanaman Lenglengan Untuk Mengatasi Masalah Cacingan

Lenglengan atau nama latinnya (Leucas lavandulifolia Smith) merupakan tanaman yang termasuk kedalam famili tumbuhan Labiatae dan tanaman ini merupakan tanaman liar yang biasanya tumbuh ditanah yang kering disepanjang tepi jalan atau tanaman ini juga dapat ditemukan dipekarangan rumah.

Dalam bahasa Madura lenglengan ini disebut sebagai sarap nornor, dalam bahasa Jawa disebut plegan, dalam bahasa Tidore disebut laranga dan dalam bahasa Sunda lenglengan disebut sebagai paci-paci.

Kandungan yang terdapat pada lenglengan antara lain flavonoida, tanin, saponin dan minyak atsiri.

Ciri-cri lenglengan antara lain batangnya berkayu, berbuku-buku, bentuknya segi empat, bercabang, memiliki rambut halus dan berwarna hijau, daunnya ini tunggal, bunganya buah batu dan berwarna cokelat dan bijinya ini berbentuk bulat, berukuran kecil dan berwarna hitam.

Daun lenglengan ini juga dapat juga dapat menyembuhkan epilepsi dan mengobati cacingan. Cara menyembuhkan epilepsi dengan menggunakan daun lenglengan antara lain cuci daun lenglengan sampai bersih, lalu rebuskan dengan air, tunggu sampai airnya mendidih dan tersisa menjadi 1 1/2 gelas, kemudian diangkat dan tunggu sampai airnya dingin, lalu disaringkan dan ambil airnya, kemudian minum ramuannya bersama air gula. Lakukanlah cara ini dangan rutin sampai penyakit epilepsi sembuh dengan minum 3 kali dalam sehari, setengah gelas.

Dan cara mengobati cacingan antara lain cucikan terlebih dahulu daun lenglengannya, lalu rebuskan dengan air, tunggu sampai airnya mendidih dan tersisa hingga menjadi setengah, kemudian diangkat dan dinginkan, lalu jika airnya sudah dingin, saringkan dan ambilkan airnya, kemudian minum ramuannya dengan mencampur madu secukupnya. Lakukanlah cara ini dengan rutin ya, dengan cara minum ramuan ini sebanyak 2 kali dalam sehari, 3/4 gelas.

Itulah pengertian dari lenglengan serta ciri-cirinya dan ada juga cara menyembuhkan epilepsi dan mengobati cacingan dengan menggunakan daun lenglengan. Bagaimana caranya mudah bukan? Nah, jika anda sedang mengalami epilepsi atau ingin mengobati cacingan, anda dapat mengikuti cara yang sudah dijelaskan diatas tadi dengan menggunakan daun lenglengan. Kalau begitu selamat mencoba dirumah dan semoga cara ini bermanfaat bagi anda, terima kasih.
Advertisement
Advertise Responsive

Tulis Komentar
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!