Advertise 728x90

Khasiat Tanaman Ceremai Untuk Mengobati Berbagai Penyakit Tubuh

Advertise 728x90
Khasiat Tanaman Ceremai Untuk Mengobati Berbagai Penyakit Tubuh

Ceremai adalah merupakan pohon dengan nama buah yang sama. Tumbuhan ini dapat tumbuh pada tanah yang ringan sampai berat dan tahan pada kekurangan atau kelebihan air.

Dalam bahasa Melayu ceremai disebut dengan ceramai, dalam bahasa Aceh disebut dengan ceremoi, dalam bahasa Minangkabau disebut dengan carmin-carmin, dalam bahasa Jawa disebut sebagai cerme, dalam bahasa Sunda disebut sebagai careme-cerme dan dalam bahasa Bali disebut dengan cermen.

Ceremai memiliki kandungan antara lain saponin, tanin, polifenol, asam galus, flavonoida, zat samak, zat beracun (toksik) dan vitamin C.

Ciri-ciri ceremai ini antara lain pohonnya yang kecil, tingginya mencapai sampai 10 meter lebih, daunnya tunggal dan bertangkai pendek, bunganya berupa tandan yang panjangnya 1,5-12 cm, keluar disepanjang cabang dan warnanya merah muda, buahnya berbentuk bulat pipih, berlekuk 6-8 rusuk, panjangnya 1,25-1,5 cm dan lebarnya 1,75-2,5 cm dan berwarna kuning muda.

Manfaat ceremai untuk kesehatan antara lain adalah mengatasi asma, mengobati sembelit, meringankan kanker, menambah kekebalan tubuh, menyehatkan tulang, baik untuk pertumbuhan, menyembuhkan gigitan serangga, menghilangkan sariawan, mengobati kolestrol, serta mengatasi batuk berdahak.

Daun ceremai ini juga dapat menghilangkan rasa mual lho. Caranya cuci daun ceremai hingga bersih, lalu keringkan, kemudian tumbuk hingga halus, lalu seduhkan dengan air panas, setelah itu saringkan dan siap untuk diminum. Lakukan cara ini dengan rutin agar tidak terasa mual lagi.

Itulah pengertian dari ceremai serta kandungan, ciri-cirinya dan manfaatnya untuk kesehatan kita. Ada juga cara menghilangkan rasa mual dengan menggunakan daun ceremai. Semoga bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba dirumah.
Advertisement
Advertise Responsive

Tulis Komentar
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!