Advertise 728x90

Khasiat Buah Murbei Untuk Kesehatan Tubuh

Advertise 728x90
Khasiat Buah Murbei Untuk Kesehatan Tubuh

Murbei atau nama latinnya Morus aklba L adalah salah satunya tanaman yang berasal dari Cina dan tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang ketinggiannya mencapai lebih dari 100 m, serta tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari.

Dalam bahasa Sumatera murbai disebut sebagai kerta dan kitau, dalam bahasa Cina disebut sangye, dalam bahasa vietnam disebut maymon dan dau tam, dalam bahasa Jawa disebut murbain dan dalam bahasa inggris disawebut sebagai mulberry.

Kandungan yang terdapat dalam mulberry ini antara lain ecdysterone, inokosterone, lupeol, betasitosterol, rutin, moracetin, isoquersetin, scopoletin, copolin, alfa, betahexenal, cis beta hexenol, cis lamda hexenol, benzaidehide, eugenol, lanaloolbenzyl alcohol, butylamine, acetone, trigonelline, cholin, adenine, copper, zinc, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, karoten, asam amino, clorogenik, fumarat, asam folat, formyltetrahydrofolik, mioinositol dan phytoestrogren.

Ciri-ciri kandungan murbei ini antara lain mempunyai tinggi kurang lebih 4-5 meter, batangnya ini dipenuhi bintik-bintik kekuningan, penampangnya ini mencapai 15 cm, daunnya tunggal dengan letak berseling serta bertangkai yang panjangnya mencapai 1-4 cm, bunganya majemuk yang berbentuk tandan dan keluar dari ketiak daun dan warna bunga berwarna putih, buah murbei berwarna hijau muda dan jika sudah matang warna buahnya menjadi hitam.

Manfaat murbei untuk kesehatan antara lain menurunkan kolestrol tubuh, meningkatkan imunitas, mengatur ladar gula, mengatasi anemia, menjaga kesehatan mata, mencegah kanker, membersihkan darah, mengurangi resiko gumpalan darah dan stroke, mencgeah flu, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan nafsu makan dan mepercepat pemulihan.

Daun murbei ini juga dapat mengobati luka karena gigitan ular serta juga dapat mengobati darah tinggi dan kaki bengkak. Cara untuk mengobati luka karena gigitan ular antara lain, cuci daun murbei sampai bersih terlebih dahulu, lalu gilingkan sampai halus, kemudian tuangkan dengan air dan adukkan sampai merata, lalu disaringkan dan diperaskan, kemudian diminum.

Dan cara untuk mengobati darah tinggi dan kaki bengkak, caranya adalah cuci daun murbei sampai bersih, lalu rebuskan dengan air, tunggu sampai kurang lebih 15 menit, kemudian angkat dan tunggu sampai airnya dingin terlebih dahulu, lalu saringkan dan ambil airnya, kemudian bagikan air tesebut menjadi dua bagian, lalu diminum. Lakukan cara ini secara rutin dengan minum dua kali sehari.

Perlu anda ketahui hindarilah penggunaan murbei saat anda sedang mengalami diare dan defisiensi limpa dan lambung serta menderita defisiensi yin.

Itulah pengertian dari murbei serta kandungan murbei, ciri-ciri murbei dan manfaat murbei untuk kesehatan. Serta ada juga cara mengobati darah tinggi, kaki bengkak dan mengobati luka gigitan ular dengan menggunakan daun murbei. Selamat mencoba dirumah dan semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih.
Advertisement
Advertise Responsive

Tulis Komentar
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!