Advertise 728x90

Khasiat Tanaman Sambiloto Untuk Kesehatan Tubuh

Advertise 728x90
Khasiat Tanaman Sambiloto Untuk Kesehatan Tubuh

Sambiloto merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tumbuhan ini diduga asalnya dari Asia tropika, penyebaran ini dari India meluas ke selatan sampai di Siam, ke Timur sampai semenanjung Malaya, kemudian tumbuhan ini ditemukan di Jawa.

Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah sampai ketinggian 2000-3000 mm/tahun dan suhu udaranya 25-32 derajat Celcius.

Ciri-ciri tanaman sambiloto ini merupakan tanaman terna, tinggi tanaman ini mencapai 90 cm, batangnya yang berbentuk segi empat, mempunyai cabang yang sangat banyak, termasuk daun tunggal, bagian tepi daunnya rata bentuknya memanjang, pada ujung tangkainya tumbuh bunga, warna bunganya putih/ungu dan buahnya ini berbentuk memanjang, terdiri dari dua rongga dan berisi dari 3-7 biji yang gepeng.

Manfaat daun sambiloto bagi kesehatan antara lain adalah mengobati tifoid, mengatasi disentri, mengatasi influenza, sakit kepala dan demam, mengatasi TB baru, mengobati faringitis, mengobati tifus, mengobati kencing manis, mengobati radang paru, radang mulut, dan tonsilitis.

Sambiloto ini juga dapat mengatasi penyakit radang usus buntu caranya ambil satu genggam daun sambiloto, lalu direbus dengan air mendidih 100 ml, kemudian diminum sehari satu kali 100 ml.

Itulah pengertian dari sambiloto serta ciri-ciri dan manfaat sambiloto. Dan juga ada cara alami untuk menyembuhkan penyakit radang usus buntu. Selamat membaca dan semoga bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya, terima kasih.
Advertisement
Advertise Responsive

Tulis Komentar
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!